Dengar Prestasi SMK Muhisa Orang Tua Siswa Baru Tepuk Tangan

Ratusan orang tua calon siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMK Muhisa) tadi siang manggut-manggut apresiasi terhadap banyaknya prestasi non akademik dan akademik yang dicapai SMK Muhisa pimpinan Kepala Sekolah Drs. Arif Efendi tersebut.

“Siswa SMK itu yang dilatih adalah keterampilannya, keahliannya, dua hal ini dimiliki oleh siswa SMK Muhisa tempat bapak-ibu orang tua siswa akan menyekolahkan anaknya,” ujar Arif Efendi, opening sambutan bertajuk Penyerahan Bea Siswa Peserta Didik Baru Selama Tiga Tahun dan Peluncuran Program Lulusan Ke Jepang Wirausaha Sukses. 

Apa saja keahlian tersebut? Arif menjelasakn diantaranya SMK Muhisa sudah bekerja sama dengan 5 Polres di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Polres Batu)  dan sekitarnya, yakni Polres Pasuruan dan Polres Blitar. Kerjasama ini mencakup perawatan berkala kendararan patwal lima polres tersebut di bengkel TEFA (Teaching Factory) SMK Muhisa. “Nah dari hasil kerjasama ini, SMK Muhisa dapat memberikan bea siswa kepada siswanya,” tandas Arif.

Siswa baru SMK Muhisa gelombang pertama mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah.

Bukan itu aja, Arif mengatakan kerja sama SMK Muhisa juga dengan Pertamia, Yamaha, Bank BRI, beberapa universitas negeri dan swasta, rumah sakit milik Muhammadiyah dan beberapa mitra industri lainnya. Semua kerja sama dengan mitra dunia industri ini siap menguatkan keahlian jurusan siswa sesuai pilihannya.

Keahlian jurusan saja masih belum cukup, kata Arif, sebab siswa yang mempunyai hobi untuk mengembangkan talenta juga dapat mengikuti program SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha)  yakni fotografi, kuliner, salon, dan barista. Program SPW ini sangat diminati siswa sebab siswa dapat menyalurkan hobinya dengan modal dari sekolah namun keuntungan finansialnya untuk siswa sendiri.

Terakhir, tandas Arif,  adalah program kerja sambil kuliah di Jepang. Program ini kerja sama antara SMK Muhisa dengan Alice Jepang. Alumni siswa SMK Muhisa yang sudah berangkat ke Jepang masuk angkatan ke tiga pada bulan Mei nanti. Ketika berada di Jepang siswa SMK Muhisa menjadi tenaga asisten perawat dan kelistrikan dengan gaji sekitar Rp 33 juta. 

Paparan ini, kata Arif jelas membuktikan bahwa investasi pendidikan di SMK Muhisa dapat menjadi masa depan siswa untuk bekerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Prestasi akademiknya tiga siswa SMK Muhisa diterima jalur undangan SNMPTN Politeknik Negeri Malang, juara juara LKS tingkat Jatim, serta juara dan rangking yang sama di lomba kompetensi keahlihan. Berdasarkan   hal ini sebagai langkah awal silahkan  daftar  PPDB SMK Muhisa Kota Malang, Jl. Galunggung No. 37 A-B Kota Malang, klik smkm1kotamalang.sch.id atau hubungi 0341 580889/ 0895360547643/085931167293. (doni osmon)

Sumber berita: Tabloid Mata Hati